Jumat, 06 Mei 2011

Manis Lunak Iga Bakar Pacitan

Letak Kabupaten Pacitan yang berada pada rangkaian Pegunungan Kidul, membuat wilayah seluas 1,4 kilometer persegi tersebut memiliki gua-gua yang indah. Seperti Gua Gong, Tabuhan, Kalak dan Luwek Jaran. Selain itu pesona pantai Teleng Ria pun menjadi sihir tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudoyono tersebut.

Disamping pesona alam yang memukau tersebut, Anda perlu mencicipi cita rasa kuliner Pacitan yang lezat. Seperti Iga Bakar khas Rumah Makan Jatim. Di Rumah Makan yang terletak tepat didepan Mapolsek Teleng, Pacitan, atau satu kilometer sebelum Pantai Teleng Ria ini, menyediakan menu andalan Iga Bakar dengan rasa yang nikmat.

Tekstur daging yang lunak, dengan perpaduan bumbu yang meresap kedalam daging, membuat menu satu ini menjadi primadona. Kelezatan menu satu ini juga diakui oleh pelanggan setianya, Lin. Menurutnya, bumbu Iga Bakar sangat meresap. “Enak sekali. Menu ini idola saya,” katanya.
Kualitas rasa Iga Bakar semakin komplit saat secowek sambal uleg turut menemani. “Iga Bakar terasa lebih lezat jika dinikmati kala masih dalam keadaan hangat,” imbuh Lianny.

Ditangan wanita yang memang hobi memasak ini Iga Bakar juga dikreasikan dalam tampilan yang lain. “Saya menambahkan tulang dalam sajian agar tampak lebih cantik,” tukas wanita yang akrab disapa Bu Kim ini. Ia juga mengaku tidak menggunakan bahan pengawet dan penyedap apapun dalam bumbu masakannya. Ia lebih percaya memakai bumbu-bumbu tradisional.

Berbekal keuletan tinggi, kini usaha yang dirintisnya empat tahun lalu tersebut telah dapat menghabiskan setidaknya 20 kilogram Iga per harinya. Lianny juga bertekad melayani pelanggan dengan kualitas layanan nomor satu. Menurutnya pelanggan adalah raja yang berhak mendapatkan pelayanan terbaik.

Untuk memenuhi permintaan pasar Pacitan, Rumah Makan ini mengunsung konsep lesehan. “Disini orang lebih suka makan ditempat lesehan, lebih santai. Namun sayang tempat makan lesehan disini jarang ada,” katanya.

Selain Iga Bakar, rumah Makan Jatim juga menyediakan menu masakan khas Jawa Timur lainnya. Seperti Sop Buntut, Nasi Soto Ayam, Nila Bakar dan Ayam goring dan bakar. Untuk satu porsi Iga Bakar, Lianny memasang harga 15 ribu rupiah.

Naskah dan Foto: Subagus Indra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar